Doa Saat Turun Hujan (Nusa & Rarra) Allahumma Shoyyiban Nafi'an

Hujan salah satu karunia dan nikmat yang sangat besar diberikan oleh Allah SWT. Namun sayang sekali banyak orang mengeluh ketika turun hujan. Coba saja bayangkan jika bumi kita ini tidak pernah turun hujan niscaya semua kehidupan di dalam akan mati.

Hujan ialah sumber kehidupan, hujan yang turun itulah yang mencukupi kebutuhan air semua makhluk hidup yang ada di bumi, maka dari itu Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita untuk membaca doa ketika turun hujan. Agar hujan yang diturunkan Allah ialah hujan yang bermanfaat bukan hujan banjir.

 Hujan salah satu karunia dan nikmat yang sangat besar diberikan oleh Allah SWT Doa Ketika Turun Hujan (Nusa & Rarra) allahumma shoyyiban nafi'an

Doa hujan merupakan doa yang dipanjatkan ketika hujan sedang turun. Doa ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kita terhadap karunia Allah Subhanallahu wa ta’ala, dan juga sebagai permohonan biar Allah menawarkan hujan yang bermanfaat untuk kita. Ummul mu’minin (Aisyah Radhiyallahu ‘anha) memberikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

اِنَّ النَّبِيَّ – صلى الله عليه و سلم – كَانَ اِدَا رَاَى الْمَطَرَ قالَ : اَللهُمَّ صَيِّبًا نَفِعًا

Innannabiyyi shallallahu ‘alayhi wa sallam - kanna idaa rha’almadharha kaala : Allahumma Shoyyiban nafi’an.

Artinya : Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, ia mengucapkan : Allahumma sayyiban nafi’an (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat). (HR. Bukhori : 1032)

Ketika hujan turun ialah salah satu waktu mustajab untuk berdoa, sebab di waktu hujan merupakan salah satu waktu dimana doa yang kita panjatkan tidak akan tertolak. menyerupai hadist di bawah ini.

Dari Sahl bin Sa’d, yang menyatakan bahwa Rasullallah SAW pernah bersabda :

شِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُعَاءُ عِنْدَ النِّدَا ءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Sintaani maaturadhdhanidh dhu’aa’u indhan nadhaa’iwa tahta mathori.

Artinya : 2 doa yang tidak akan ditolak : doa ketika adzan dan doa ketika turunnya hujan. (HR. Al Hakim dan Al. Baihaqi. Syaikh Al Albani menyatakan bahwa hadist ini merupakan hadist hasan berdasarkan Shohihul Jaami’ : 3078).

Demikianlah pembahsan kali ini tentang Doa Ketika Turun Hujan (Nusa & Rarra) allahumma shoyyiban nafi'an, semoga bermanfaat untuk kita semua. Amin.

0 Response to "Doa Saat Turun Hujan (Nusa & Rarra) Allahumma Shoyyiban Nafi'an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel