Buka Puasa Senin Kamis Jam Berapa ?

Puasa itu artinya menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa. Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi seluruh umat islam yang ada di dunia dan bagi siapa saja yang meninggalkannya akan mendapat dosa. Berbeda halnya dengan puasa senin kamis yang aturan sunnah, mendapat pahala yang berlipat bagi yang melaksanakannya dan bagi yang tidak mengerjakannya tidak apa-apa.

Waktu berbuka puasa ialah saat siang telah berlalu dan matahari telah terbenam dan malam mulai datang. Hal ini menurut firman Allah SWT : “Kemudian sempurnakanlah puasa itu hingga malam.” (QS. Al-Baqaroh ayat 187).

Waktu berbuka puasa juga dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan dari Umar bin Khaththab yang diriwayakan oleh Bukhari dan Muslim, bahwa Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Apabila malam telah tiba dan siang beranjak pergi serta matahari telah terbenam maka orang yang berpuasa telah waktunya berbuka.”

 Puasa itu artinya menahan diri dari makan Buka Puasa Senin Kamis Jam Berapa ?

Jam berbuka puasa senin kamis setiap ahad dan bulannya berbeda-beda, sama dengan jam berbuka puasa ramadhan, walaupun selisihnya hanya dalam hitungan menit.

Cara paling kondusif mengetahui waktu berbuka puasa senin kamis ialah saat sudah terdengar bunyi adzan magrib dari mesjid atau laga atau mushola segeralah berbuka puasa. Tidak perlu dipusingkan dengan jam berapa waktu berbuka puasa senin kamis. Jalanin aja....

Berbukalah dengan minum dan makan secukupnya, biar anda dapat melakukan shalat magrib dan tidak dalam keadaan kekenyangan.

Ini doa berbuka puasa :

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

"Allaahummalakasumtu wabika amantu wa'aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin".

Artinya : "Ya Allah karena-Mu saya berpuasa, kepada-Mu saya beriman, kepada-Mu saya berserah dan dengan rezeki-Mu saya berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih".

Ini doa sehabis berbuka puasa :

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

'Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah'.

Artinya : "Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah (jika Allah menghendaki)."

Itulah pembahasan wacana Buka Puasa Senin Kamis Jam Berapa ?, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa sunnah senin kamis.

0 Response to "Buka Puasa Senin Kamis Jam Berapa ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel