Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Latin Dan Artinya

Zakat fitrah ialah zakat yang harus dikeluarkan bagi setiap orang muzakki yang bisa untuk menunaikannya. Zakat fitrah yaitu zakat wajib yang harus dikeluarkan setiap tahun sekali yaitu dikala bulan berkat ramadhan menjelang idul fitri.

Zakat fitrah harus dikeluarkan sebelum shalat idul fitri akan dilangsungkan, lantaran itulah yang membedakan zakat fitrah dengan zakat yang lainnya. Tujuan mengeluarkan zakat fitrah yaitu untuk mensucikan harta alasannya yaitu setiap harta yang kita miliki ada sebagian hak orang lain didalamnya.

Sebelum mengeluarkan zakat fitrah kita harus mengetahui 8 golongan yang berhak mendapatkan zakat, yaitu :

Fakir
Adalah orang-orang yang mempunyai harta namun sangat sedikit. Orang-orang ini tak mempunyai penghasilan sehingga jarang bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dengan baik. 

Miskin
Di atas fakir, ada orang-orang yang disebut miskin. Mereka yaitu orang-orang yang mempunyai harta namun juga sangat sedikit. Penghasilannya sehari-hari hanya cukup untuk memenuhi makan, minum dan tak lebih dari itu. 

'Amil
Mereka yaitu orang-orang yang mengurus zakat mulai dari penerimaan zakat sampai menyalurkannya kepada orang yang membutuhkan. 

Mu'allaf
Orang yang  gres masuk Islam juga menjadi golongan yang berhak mendapatkan zakat. Ini bertujuan supaya orang-orang semakin mantap meyakini Islam sebagai agamanya.

Memerdekakan Budak
Zaman dahulu, banyak orang yang dijadikan budak oleh saudagar-saudagar kaya. Zakat inilah, zakat dipakai untuk membayar atau menebus para budak supaya mereka dimerdekakan. Orang-orang yang memerdekakan budak juga berhak mendapatkan zakat. (Sekarang ini sudah hampir tidak ada lagi budak)

Gharim (Orang yang Memiliki Hutang)
Orang yang mempunyai hutang berhak mendapatkan zakat. Namun, orang-orang yang berhutang untuk kepentingan maksiat ibarat judi dan berhutang demi memulai bisnis kemudian bangkrut, hak mereka untuk menerima zakat akan gugur. 

Sabilillah
Sabilillah yaitu segala sesuatu yang bertujuan untuk kepentingan di jalan Allah. Misal : pengembang pendidikan, dakwah, kesehatan, panti asuhan, madrasah diniyah dan masih banyak lagi. 

Ibnu Sabil
Ibnu Sabil disebut juga sebagai musaffir atau orang-orang yang sedang melaksanakan perjalanan jauh termasuk pekerja dan pelajar di tanah perantauan. 

Sehingga tidak ada alasan apapun bagi seorang umat muslim untuk tidak menunaikan zakat fitrah. Sebelum menyerahkan zakat seorang muslim harus membaca niat terlebih dahulu.

 Zakat fitrah ialah zakat yang harus dikeluarkan bagi setiap orang muzakki yang bisa untu Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Latin dan Artinya

Berikut Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri :

نَوَيْتُ اَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu an ukhrija zakatal fitri 'an nafsii fardhol lillahi ta'alaa.

Artinya : "Sengaja aku mengeluarkan zakat fitrah pada diri aku sendiri, fardhu lantaran Allah Ta'ala".

Itulah artikel tentang Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Latin dan Artinya, semoga bermanfaat dan jangan lupa dihafalkan.

0 Response to "Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri Latin Dan Artinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel