Apa Aturan Tarawih Sendiri ? Dan Bagaimana Caranya

Pada umumnya kita melihat umat muslim melakukan shalat tarawih secara berjamaah di masjid atau di langgar-langgar, namun pastinya ada orang yang tidak sanggup melakukan shalat tarawih secara berjamaah dikarenakan hal-hal lain.

Shalat tarawih yang dilaksanakan sendirian itu boleh saja, alasannya yakni para ulama juga sudah bersepakat dan menegaskan jikalau shalat tarawih tidak problem jikalau dilaksanakan sendiri, lantaran memang hal ini tidak termasuk sebagai syarat sahnya shalat tarawih (tidak harus dilaksanakan berjamaah).

An Nawawi menjelaskan : Shalat tarawih yakni sunah dengan setuju ulama.... boleh dikerjakan sendirian atau berjamaah. (Al Majmu, 4/31).

 Pada umumnya kita melihat umat muslim melakukan shalat tarawih secara berjamaah di mas Apa Hukum Tarawih Sendiri ? dan Bagaimana Caranya

Lalu lebih baik berjamaah atau sendiri ?

"Barang siapa yang shalat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai, maka beliau menerima pahala shalat tahajud semalam suntuk". (HR. Nasai 1650, Ibnu Majah 1327 dan dishahihkan Al Albani).

Mayoritas ulama madzhab beropini shalat tarawih berjamaah lebih afdhal, sebagaimana yang dikerjakan Umar bin Khatab dan para sobat dan itu bebuyutan dikerjakan kaum muslimin.

Shalat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan sebanyak 11 rakaat, terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih dan 3 rakaat shalat witir. Umumnya shalat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat kemudian salam Dan shalat witir dilakukan 3 rakaat sekali salam atau 2 rakaat dahulu kemudian salam kemudian bangun lagi 1 rakaat kemudian salam.

Berikut Niat Shalat Tarawih Sendiri :

"Usholli sunnatat-taroowiihii rok'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alaa."

Artinya : "Saya niat salat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat lantaran Allah Ta'ala."

Niat Shalat Witir 3 Rakaat 1 Kali Salam

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa."

Artinya : "Saya berniat salat witir tiga rakaat menghadap kiblat lantaran Allah ta'alaa".

Bagi Anda yang ingin mengerjakan shalat witir dengan 2 rakaat salam gres 1 rakaat lagi gres salam, berikut ini bacaan niat shalatnya :

Niat Shalat Witir 3 Rakaat 2 Kali Salam

"Ushallii sunnatal witri rak'ataini mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'alaa."

Artinya : "Saya niat sholat witir dua rakaat menghadap qiblat lantaran Allah ta'alaa.

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan mustaqbilal qiblati adaa'an lillaahi ta'alaa."

Artinya : "Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat lantaran Allah ta'alaa.

Itulah pembahasan mengenai Apa Hukum Tarawih Sendiri ? dan Bagaimana Caranya. Semoga bermanfaat untuk kita dan untuk generasi yang akan datang. Amin.

0 Response to "Apa Aturan Tarawih Sendiri ? Dan Bagaimana Caranya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel