5 Kewajiban Suami Terhadap Istri Dan Anak Berdasarkan Syariat Islam

Kewajiban suami terhadap istri merupakan suatu hal yang harus diketahui dalam sebuah keluarga semoga nantinya bisa menjalankan rumah tangga dengan baik, rukun, serasi dan tetap terjaga keberlangsungannya.

Berkeluarga sendiri merupakan anugerah terindah terbesar yang diberikan Allah kepada kita semua, sehingga baiknya jikalau kita membangun kehidupan rumah tangga menurut syariat Islam.

 Kewajiban suami terhadap istri merupakan suatu hal yang harus diketahui dalam sebuah kelu 5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dan Anak Menurut Syariat Islam

Berikut Ini 5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dan Anak Menurut Syariat Islam :

Membayar Mahar

Membayar mahar nikah merupakan syarat rukun perkawinan, kalau itu tunai harus ada bendanya ibarat yang di sebutkan. Contoh uang Rp.100.000,- tunai, artinya harus ada uang 100ribu yang diberikan suami kepada istri dengan penuh kerelaan.

Firman Allah SWT : “Berikanlah maskawin (mahar) kepada perempuan yang kau nikahi sebagai proteksi dengan penuh kerelaan.” (QS. An-Nisa : 4).

Memberi Nafkah

Pemberian nafkah wajib hukumnya bagi suami kepada istri, mulai dari makanan, pakaian dan daerah tinggal (sesuai kemampuan suami).

Sayang dan Pengertian

Seorang suami wajib menggauli istrinya dengan baik tidak bergairah dan zalim kepada istri. Karena relasi suami istri yang baik akan membuat keharmonisan dalam rumah tangga.

Menjadi Teladan Yang Baik

Wajib selalu menawarkan bimbingan, pendidikan dan pengertian agama kepada istri, semoga selalu erat kepada Allah dan Rasul-Nya. Jika istri membelok dari jalur yang lurus tarik kembali semoga selalu berada di jalan yang di ridhai Allah SWT.

Seorang suami yaitu imam bagi istri, kepala keluarga, dan kepala sekolah bagi anak-anaknya.

Tidak Membuka Aib

Dalam perjalanan keluarga niscaya suami istri akan menemukan kejelekan atau keburukan dari masing-masing, maka suami wajib untuk menutup malu istrinya, begitu juga sebaliknya.

4 Kewajiban Suami Terhadap Anak

Memberikan Nama Yang Baik

Nama yaitu doa, sehingga menawarkan nama yang baik untuk anak Insya Allah akan menghantarkan anak menjadi seorang anak yang baik dan benar. Hindarilah memberi nama yang mempunyai arti buruk / sangat buruk.

Mengajarkan Agama

Mengajarkan agama kepada anak merupakan kewajiban yang harus dilakukan orang tua, semoga anak mengerti mana yang baik dan mana yang buruk. Dengan pelajaran agama yang baik dan benar Insya Allah anak bisa menjadi pribadi yang baik pula.

Memberikan Pendidikan Yang Baik

Pendidikan yang baik wajib di berikan kepada anak semoga nantinya dia menjadi seorang yang mempunyai kegunaan di masa depan. Baik dalam agama, keluarga, masyarakat dan negara kita Indonesia.

Memberikan Nafkah

Nafkah merupakan hal yang wajib di berikan orang renta kepada anak-anaknya, baik itu nafkah lahir dan nafkah batin. Nafkah wajib di berikan orang renta semenjak dari dalam kandungan hingga nantinya menikahkannya. Termasuk dalam hal memilihkan pasangan yang baik.

Demikianlah yang sanggup penulis sampaikan tentang 5 Kewajiban Suami Terhadap Istri dan Anak Menurut Syariat Islam, semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "5 Kewajiban Suami Terhadap Istri Dan Anak Berdasarkan Syariat Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel