Al Quran Surat Al Anfaal Ayat 72 Arab, Arti Dan Kandungannya

Surat Al-Anfal ialah surat ke-8 pada al-Qur'an. Surat ini terdiri atas 75 ayat dan termasuk golongan surah-surah Madaniyah. Surah ini dinamakan Al-Anfal yang berarti pula "harta rampasan perang", berhubung kata Al-Anfal terdapat pada permulaan surah ini dan juga dilema yang menonjol dalam surah ini ialah wacana harta rampasan perang, aturan perang dan hal-hal yang berafiliasi dengan peperangan pada umumnya. Menurut riwayat Ibnu Abbas, surah ini diturunkan berkenaan dengan perang Badar yang terjadi pada tahun 2 H. Peperangan ini sangat penting artinya, lantaran merupakan kejadian yang memilih jalan sejarah Perkembangan Islam. Pada waktu itu umat Islam dengan berkekuatan kecil untuk pertama kali sanggup mengalahkan kaum musyrik yang berjumlah besar dan mempunyai perlengkapan yang cukup, dan mereka dalam peperangan ini memperoleh harta rampasan perang yang tidak sedikit. Oleh alasannya ialah itu muncul lah kasus bagaimana membagi harta-harta rampasan perang itu, maka lalu Allah SWT menurunkan ayat pertama dari surat ini.

Anfal terdapat pada permulaan surah ini dan juga dilema yang menonjol dalam surah ini i Al Alquran Surat Al Anfaal Ayat 72 Arab, Arti dan Kandungannya

Berikut Surat Al Anfaal Ayat 72 Arab, Arti dan Kandungannya :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ آوَوْا وَنَصَرُوا أُولَٰئِكَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يُهَاجِرُوا مَا لَكُمْ مِنْ وَلَايَتِهِمْ مِنْ شَيْءٍ حَتَّىٰ يُهَاجِرُوا ۚ وَإِنِ اسْتَنْصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ إِلَّا عَلَىٰ قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang menunjukkan kawasan kediaman dan pertoIongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikitpun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) kalau mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kau wajib menunjukkan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kau dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kau kerjakan.

Kandungan Surat Al Anfal ayat 72 :
  1. Berhijrah dari lingkungan kufur, syirik dan dosa untuk menjaga agama dan melaksanakan tugas-tugas agama merupakan suatu masalah yang diharuskan.
  2. Perjanjian dan perbatasan antara negara tidaklah menghalangi seorang muslim untuk melaksanakan tugas-tugas agamanya. Jika ada seorang muslim yang berada di negara lain dalam kondisi teraniaya dan meminta pertolongan kepada kita, kita sebagai saudara sesama muslim harus menunjukkan pertolongan kepadanya.
  3. Berpegang teguh pada perjanjian yang dijalin, termasuk dengan kaum kafir sekalipun ialah sebuah keharusan. Selama pihak lain juga komitmen terhadap kesepakatan mereka.
Perilaku Yang Mencerminkan dari Surat Al Anfal ayat 72 :
  1. Rela berkorban demi membela tegaknya syariat Islam meski harus mengorbankan harta, jiwa, dan tenaga.
  2. Lebih mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi.
  3. Tolong-menolong antar sesama muslim. Seperti, memberi kawasan tinggal kepada korban bencana, menunjukkan derma berupa harta maupun tenaga, dan menunjukkan sedekah kepada fakir miskin di sekitar kita.
  4. Membina ukhuwah antar sesama muslim dengan cara mempererat tali silaturahmi.

0 Response to "Al Quran Surat Al Anfaal Ayat 72 Arab, Arti Dan Kandungannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel