4 Amalan Untuk Ayah Yang Telah Meninggal

Setelah orang renta meninggal bukan berarti kita berhenti berbakti kepada mereka atau tidak sanggup berbakti. Justru perbanyaklah berbakti kepada orang renta semoga kita tidak termasuk golongan anak yang durhaka dan juga berbakti kepada orang renta yaitu kunci hidup enak, tentram dan tenang di dunia.

Dari Malik bin Rabi’ah As-Sa’idi radhiyallahu ‘anhu, dia menceritakan, ‘Ketika kami sedang duduk bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba tiba seseorang dari Bani Salamah. Orang ini bertanya, ‘Wahai Rasulullah, apakah masih ada cara bagiku untuk berbakti kepada orang tuaku sehabis mereka meninggal?’ Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Ya, menshalatkan mereka, memohonkan ampunan untuk mereka, memenuhi kesepakatan mereka sehabis mereka meninggal, memuliakan rekan mereka, dan menyambung silaturahmi yang terjalin lantaran alasannya keberadaan mereka.” (HR. Ahmad 16059, Abu Daud 5142, Ibn Majah 3664, dishahihkan oleh al-Hakim 7260 dan disetujui adz-Dzahabi).

 Setelah orang renta meninggal bukan berarti kita berhenti berbakti kepada mereka atau tidak 4 Amalan Untuk Ayah Yang Telah Meninggal

Melunasi Hutang Piutang.

Ini sangat penting lantaran urusannya dengan sesama manusia, apalagi jumlah utang yang ditinggalkan orang renta jumlahnya sangat banyak. beda jikalau urusannya dengan Allah. Jagalah silaturahmi sepeninggal orang tua, jangan hingga korelasi dengan masyarakat, kerabat atau sobat erat orang renta pudar bahkan hancur hanya lantaran hutang. Ini yaitu salah satu cara berbakti kepada orang renta walaupun sudah tidak ada.

Menunaikan Qodho' Puasa dan Shalat.

Karena puasa ramadhan dan shalat 5 waktu itu wajib aturan di lunasi sebagaimana hutang piutang. Hutang piutang di atas urusannya dengan insan wajib di bayar, begitu juga dengan hutang dengan Allah. Sudah menjadi kewajiban jago waris mengqodho puasa dan shalat orang tua.

Di kira-kira saja untuk jumlah banyaknya. Dalam kehidupan sehari-hari kita dengan orang renta niscaya tau dia dulunya rajin shalat, puasa atau tidak. Tinggal di hitung. Mungkin hitungannya tidak sempurna tapi yang penting mendekati atau melebihi itu lebih baik. Allah Maha Mengetahui.

Perbanyak Amal Sholeh.

Seperti sedekah baik itu di niatkan ataupun tidak, pahalanya akan tetap hingga kepada orang tua. Menghadiahkan bacaan Al Quran. Mendoakannya dan yang lainnya.

Haji dan Umrah.

Jika mempunyai rezeki yang lebih, ada baiknya membadalkan haji atau umrah untuk orang tua.

Itu saja yang sanggup penulis sampaikan, jikalau ada pertanyaan atau aksesori sanggup tuliskan di kolom komentar di bawah artikel ini.

0 Response to "4 Amalan Untuk Ayah Yang Telah Meninggal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel