Cara Ganti Puasa Ramadhan Sekalian Puasa Senin Kamis

Menjalankan puasa ramadhan yakni kewajiban kita umat muslim, bagi yang cendekia sehat dan sudah baligh. Namun dalam berpuasa ada fasilitas dengan alasan ibarat musafir, sakit, haid dan yang lainnya.

Meskipun kita diberikan fasilitas dalam melakukan puasa ramadhan, tentunya hutang puasa tetap harus di bayar di hari atau bulan lain. Sebanyak jumlah puasa yang di tinggalkan. Bagaimana kalau lupa jumlah puasa yang di tinggalkan ?. Coba diingat-ingat lalu ambil jumlah terbanyak, Lebih lebih baik dari pada kurang. Mengerjakannya sanggup kapan saja, sanggup dengan cara berurutan ataupun selang seling ibarat senin kamis.

 Menjalankan puasa ramadhan yakni kewajiban kita umat muslim Cara Ganti Puasa Ramadhan Sekalian Puasa Senin Kamis

Berikut Bacaan Niat Puasa Qadha Digabung Puasa Senin Kamis :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

"Nawaitu Shauma Ghadin ‘An Qadaain Fardha Ramadhana Lillahi Ta’ala"

Artinya : “Sengajaku berpuasa esok hari alasannya yakni mengganti fardhu Ramadhan alasannya yakni Allah Ta’ala” 

Niat puasa senin kamisnya tidak usah di baca, cukup niat qadha di atas, alasannya yakni mengerjakannya pada hari senin dan kamis otomatis mendapat 2 pahala. Yaitu pahala membayar hutang puasa dan juga pahala puasa senin kamis. Seperti itu klarifikasi dari Ustadz Abdul Somad, Lc.MA.

INGAT !!

Namun jikalau orang yang mempunyai kewajiban qadha’ puasa meninggal dunia, maka pihak keluarganya wajib melakukan qadha’ puasa tersebut, sebagai gantinya. Tidak boleh dengan fidyah. Sedangkan dalam prakteknya, pelaksanaan qadha’ puasa tersebut, boleh dilakukan oleh orang lain, dengan seijin atau atas perintah keluarganya.

Kalau tidak ada warisan yang ditinggalkan, usahakan jangan meninggalkan qadha puasa juga yang menjadi beban jago waris. (Banyak orang yang tidak mengetahui ini).

Dalam sebuah hadits yang artinya : “Siapa saja meninggal dunia dan mempunyai kewajiban qadha puasa, maka walinya (keluarganya) berpuasa menggantikannya.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Aisyah).

Itu saja yang sanggup penulis bagikan mengenai Cara Ganti Puasa Ramadhan Sekalian Puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Cara Ganti Puasa Ramadhan Sekalian Puasa Senin Kamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel