Tanda-Tanda Simpulan Zaman Yang Jarang Kita Sadari

Blog Khusus Doa - Sebagaimana kita ketahui bahwa selesai zaman itu ada 2, yakni selesai zaman sugra dan selesai zaman kubro. Kiamat sugra berupa ajal individu insan mupun selesai zaman kubra berupa hancurnya dunia dan seisinya merupakan suatu kepastian yang akan terjadi. Namun, kapan terjadinya tidak ada yang tahu kecuali hanya Allah SWT.

Allah SWT hanya memberitahukan tanda kedatangannya sebagai bentuk kasih sayang-Nya semoga insan mengetahui dan mewaspadainya. Untuk itu, hendaknya kita mengetahui dan waspada terhadap gejala kedatangan kiamat, baik selesai zaman sugra maupun kubra semoga kita tidak terlena dan tidak salah dalam bertindak dan melangkah.

Tanda-tanda selesai zaman itu ada yang belum muncul, menyerupai matahari terbit dari sebelah barat. Ada juga yang sudah terlihat, menyerupai maraknya fitnah. Rasulullah SAW bersabda,
"Tidak akan terjadi selesai zaman hingga dominannya fitnah, banyaknya dusta, dan berdekatannya pasar." (HR Ahmad).
Selain itu, ada tanda selesai zaman yang sudah terjadi dan dirasakan oleh semua orang, yaitu perputaran waktu yang cepat. Saat ini kita semua mencicipi begitu cepat waktu berlalu. Belum sempat kita berbuat sesuatu, tiba-tiba waktu sudah berganti sehingga banyak urusan yang belum sanggup diselesaikan.

Dahulu kita mencicipi dalam sehari banyak urusan yang sanggup kita laksanakan, tetapi kini dalam sehari yang sama hanya sedikit urusan yang sanggup kita laksanakan. Kenyataan yang sedang kita hadapi ini ialah tanda akan datangnya kiamat.

Rasulullah SAW bersabda,
"Tidak akan terjadi selesai zaman sehingga waktu terasa pendek, maka setahun dirasakan menyerupai sebulan, sebulan dirasakan menyerupai sepekan, sepekan dirasakan menyerupai sehari, sehari dirasakan menyerupai satu jam serta satu jam dirasakan menyerupai satu kilatan api." (HR Tirmidzi).
Namun, cepatnya perputaran waktu sebagai tanda selesai zaman ini jarang, bahkan tidak disadari banyak orang, penyebabnya kesibukan kita dan perhatian kita yang lebih besar terhadap masalah-masalah duniawi sehingga kita tidak sadar sedang mengalami dan mencicipi satu dari sekian banyak dari gejala kiamat.

Kita terkadang hanya menyadari waktu begitu cepat berlalu, tetapi tidak sadar bahwa itu ialah tanda dari kiamat. Sebagai seorang Muslim, hendaknya kita menyadari perputaran waktu yang cepat yang kita rasakan ketika ini merupakan menerangkan akan datangnya kiamat.

Selain itu semoga kita tidak terlena dengan urusan duniawi alasannya ialah dengan cepatnya perputaran waktu akan menyebabkan jatah usia kita di dunia akan cepat habis dan datangnya selesai zaman kubra pun akan cepat terjadi.

Untuk itu, tingkatkan iman dan takwa kita serta teruslah mengingat ajal alasannya ialah perputaran waktu yang cepat dan berjalan secara halus ini tidak sanggup disadari sebagai tanda selesai zaman kecuali oleh orang-orang yang beriman dan bertakwa.

Akhirnya, mari kita pergunakan sebaik-baiknya sisa usia kita yang masih ada dengan bersegera bertobat dan bersegera melaksanakan banyak sekali amal kebaikan sebelum selesai zaman sugra maupun kubra benar-benar terjadi.

Allah SWT berfirman,

هَلْ يَنْظُرُونَ إِلا أَنْ تَأْتِيَهُمُ الْمَلائِكَةُ أَوْ يَأْتِيَ رَبُّكَ أَوْ يَأْتِيَ بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ يَوْمَ يَأْتِي بَعْضُ آيَاتِ رَبِّكَ لا يَنْفَعُ نَفْسًا إِيمَانُهَا لَمْ تَكُنْ آمَنَتْ مِنْ قَبْلُ أَوْ كَسَبَتْ فِي إِيمَانِهَا خَيْرًا قُلِ انْتَظِرُوا إِنَّا مُنْتَظِرُونَ
Artinya :
"Yang mereka nanti-nanti tidak lain hanyalah kedatangan malaikat kepada mereka (untuk mencabut nyawa mereka) atau kedatangan Tuhanmu atau kedatangan sebagian gejala Tuhanmu. Pada hari datangnya sebagian gejala Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang bagi dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau ia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah: Tunggulah olehmu, bergotong-royong kami pun menunggu (pula)." (QS al-An'am : 158).
Wallahu'alam.

0 Response to "Tanda-Tanda Simpulan Zaman Yang Jarang Kita Sadari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel